Minggu, 01 November 2015

Tips Merancang Ruangan yang Multi Fungsi


 Mezzanine atau entresol adalah lantai yang berada di antara lantai dasar dan langit-langit. Nama mezzanine sendiri diambil dari bahasa Italia ‘mezzano’ yang berarti ‘tengah’.

Umumnya, mezzanine tidak dibangun dengan struktur permanen, namun keberadaannya bisa menambah fungsi ruang dan mempercantik rumah. Dilansir melalui laman Rumah.com, jika Anda ingin membuat mezzanine di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Luas Ruangan

Bentuk dan ukuran mezzanine tergantung luas ruangan. Jika ruangan kecil, jangan paksakan membuat mezzanine besar. Hal itu akan membuat ruangan tampak pendek dan sesak.


Fungsi

Sebelum membangun mezzanine, tentukan dulu fungsinya. Pastikan luas ruangannya cukup besar untuk fungsi yang Anda inginkan. Jika terlalu kecil, jangan dipaksakan. Sebaiknya Anda memikirkan fungsi lain. Mezzanine kecil dapat digunakan sebagai perpustakaan atau ruang kerja mungil.

Material

Jangan hanya memerhatikan segi estetika, perhatikan juga sisi kekuatan konstruksi. Mezzanine umumnya dibuat dari bahan kayu, baja ringan, beton ringan, atau jika ingin membuat kesan terbuka dan terang, Anda dapat menggunakan unsur kaca.


Jangan Terlalu Tinggi

Mezzanine yang tinggi memaksa Anda harus memiliki langit-langit yang tinggi pula. Jika tidak, mezzanine tidak akan menjadi tempat yang nyaman karena akan membuat efek udara menjadi panas. Mezzanine yang terlalu tinggi juga lebih rawan—jika Anda terjatuh. Untuk itu, jangan membuat mezzanine lebih tinggi dari 2,7 meter – 3 meter.

Ruang Bawah

Ruang di atas dan bawah mezzanine harus nyaman untuk beraktivitas. Ruang bagian bawah mezzanine dapat difungsikan sebagai ruang makan atau ruang kerja. Akan tetapi jika tingginya tak memungkinkan, ruang bawah mezzanine dapat dibuat sebagai tempat untuk menyimpan barang.


Tangga

Tangga yang mengakses mezzanine harus simpel, tak memakan tempat,  tetapi tetap aman. Sebagian orang memilih tangga spiral, karena dinilai lebih hemat ruang.

Suhu dan Sirkulasi Udara

Saat udara panas, suhu di mezzanine kerap menjadi panas. Untuk itu, ada baiknya jika Anda memasang insulator atau membuat mezzanine terbuka yang memungkinkan sirkulasi udara berjalan baik.

Pencahayaan

Gunakan pencahayaan yang tepat untuk fungsi mezzanine. Jika perlu, buat lampu yang dapat dikontrol dari ruangan bawah, sehingga Anda tak perlu repot naik ke mezzanine untuk menyalakan atau mematikannya.

Furnitur

Furnitur harus sesuai dengan fungsi mezzanine. Pilihlah furnitur yang ringan sehingga mudah dipindahkan dan tidak membebani struktur konstruksi mezzanine.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar